Elizabeth Garret Anderson Dokter Wanita Pertama di Inggris


Elizabeth lahir di London pada 9 Juni 1936. Oleh orang tuanya, dia dikirim ke sekolah swasta dan tinggal di asrama. Pada zaman itu, semua gadis diharapkan hanya tinggal di rumah dan belajar menjadi istri dan ibu yang baik. Tapi Elizabeth malah dididik untuk hidup mandiri.

Pada usia 22 tahun, Elizabeth memutuskan untuk menjadi dokter wanita pertama di Inggris. Padahal saat itu hanya prialah yang diizinkan menjadi dokter. Orang tuanya pun menentang keinginannya. Karena Eluzabeth sangat bersikeras, akhirnya mereka berjanji membantu sebisa mungkin.

Elizabeth mula-mula dilatih sebagai perawat di Rumah Sakit Middlesex di London. Tanpa menghiraukan protes dari mahasiswa putra, dia belajar pada jam istiharat. Akhirnya saat berusia 29 tahun Elizabeth telah memperoleh izin praktik, meski ia belum berstatus sebagai dokter penuh.

Di Rumah Sakit London, Elizabeth belajar anatomi dengan beberapa profesor dari Universitas St. Andrews. Dengan mudah Elizabeth mendapat diploma. Pada awalnya Universitas London dan Akademi Kedokteran dan Bedah menolaknya untuk melakukan praktik. Namun pada tahun 1865, Persatuan Ahli Obat memberinya lisensi dan mencantumkan namanya di aula persatuan tersebut. Elizabeth lalu membuka klinik St. Mary yang diperuntukkan bagi wanita dan anak-anak tidak mampu.

Meski telah menjadi dokter, Elizabeth tak pernah berhenti belajar. Ia ingin melanjutkan studinya ke universitas. Sayang, karena dia seorang wanita dia tidak diterima. Dia pun pergi ke Paris untuk belajar di salah satu unversitas di kota itu, beberapa tahun kemudian. Wanita yang menikah dengan seorang pengusaha kapal James GS Anderson ini akhirnya lulus dengan 6 nilai unggul dan statusnya berubah menjadi dokter penuh.

Elizabeth juga berjuang bagi hak-hak wanita, terutama untuk mereka yang ingin menjadi dokter. Dia mendirikan Rumah Sakit New dan Sekolah Pengobatan Wanita di London. Sebagian besar pekerja di Rumah Sakit New adalah wanita dan para siswa di Sekolah Pengobatan Wanita di London yang dipersiapkan untuk belajar di Universitas London, yang akhirnya menerima calon dokter wanita pada tahun 1877.

Karena kemampuannya, Elizabeth dipilih menjadi Wali Kota Aldeburgh, Suffolk. Dia merupakan Wali Kota wanita pertama di Inggris.

Setelah Elizabeth meninggal, klinik St. Mary menjadi Rumah Sakit Elizabeth Garret Anderson yang diperluas pada tahun 1984. Hingga kini rumah sakit tersebut masih melayani wanita dan anak-anak yang kurang mampu.

Komentar

Postingan Populer